Kreatif, TK Muslimat NU Gondang Buat Hand Sanitizer Sendiri

WONOPRINGGO – Menyikapi perkembangan Covid-19, ada yang kreatif dari guru TK Muslimat NU Gondang, bagaimana tidak, pihak sekolah memanfaatkan hasil kebun berupa tanaman lidah buaya yang tumbuh subur di halaman sekolah untuk digunakan sebagai bahan baku pembuat hand sanitizer yang semakin langka dan mahal di pasaran (24/03).

Kepala Sekolah TK Muslimat NU Gondang, Siti Aisyah mengatakan bahwa tanaman lidah buaya tersebut memang sengaja ditanam di kebun sekolah, selain lidah buaya masih banyak tanaman lain yang juga ditanam di lingkungan sekolah.

Beberapa guru kompak kerja bakti membersihkan lingkungan dan ruang kelas, dan yang lainnya membantu proses pembuatan hand sanitizer dengan bahan lidah buaya.

“Alhamdulillah lidah buaya ini bisa kita manfaatkan ketika hand sanitizer langka dan mahal, kami masih bisa membuat sendiri dengan memanfaatkan tanaman di kebun sekolah”, katanya.

Proses Pembuatan Hand Sanitizer dengan Bahan Lidah Buaya

Selain pemanfaatan lidah buaya, pihak sekolah juga sudah menyediakan tempat cuci tangan di beberapa titik di lingkungan TK Muslimat NU Gondang.

Lanjut ia menambahkan; “Karena guru masih ada yang berangkat, selain untuk briefing pagi juga untuk mengurus administrasi pendaftaran peserta didik baru. Maka, kami sediakan tempat cuci tangan sebagai langkah awal pencegahan dan penularan virus corona”, ujarnya.

Sementara itu dihari yang sama, seluruh ruang kelas dan lingkungan TK Muslimat NU Gondang disterilkan dengan penyemprotan disinfektan oleh Tim Satgas NU Peduli Covid-19 PCNU Kabupaten Pekalongan yang diinisiasi oleh pengurus Yayasan Gondang.

Siti Aisyah berharap semoga wabah pandemi Covid-19 ini segera usai, dan siswa – siswi TK Muslimat NU Gondang beserta para guru dapat melakukan kegiatan belajar mengajar seperti biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *