Barokallah, Harlah TK Muslimat NU Gondang ke-53 Tahun

WONOPRINGGO – Di tahun 2021 ini usia TK Muslimat NU Gondang telah memasukii setengah abad lebih, tepatnya 53 tahun.

Pada tanggal 1 April 1968 secara resmi TK Muslimat NU Gondang berdiri, namun secara historis dan fakta sejarah yang ada, kegiatan pendidikan di TK Muslimat NU Gondang telah ada beberapa tahun sebelum itu.

Sejarah panjang berdirinya Yayasan Gondang juga tak bisa lepas dari sejarah TK Muslimat NU Gondang.

dengan gagasan Ibu Hj. Aisyah, Ibu Hj. Romelah dan Ibu Hj. Rohmah pada tanggal 1 April 1968 didirikanlah Taman kanak-kanak di desa Gondang Wonopringgo Pekalongan.

Pada awal tahun pendirian dengan jumlah murid 49 dan 4 orang guru ( Ibu Suhaelah, Ibu Zubaroh, Ibu Zumaroh dan Ibu Luwiah )dibawah kepengurusan Ibu Umriyah Syirozi, kegiatan belajar mengajar masih di laksanakan di Madrasah Salafiah Gondang, pada tahun 1969 mengingat jumlah siswa yang bertambah banyak, kegiatan belajar mengajar dipindahkan di garasi milik Bpk H. Zaini Ambari dengan menambah tenaga pendidik Ibu Eriah.

Tahun 1970 kegiatan belajar mengajar TKM Gondang dipindahkan lagi ke rumah Bpk. H. Nur Ikhsan Ambari kemudian tahun 1971 pindah dirumah Bpk. H. A. Najib Syamsudin, BA.

Pada tahun itu pendidikan anak usia dini ( TK / RA ) masih jarang sehingga TK M Gondang menjadi sasaran masyarakat baik di Desa Gondang maupun sekitarnya, sehingga jumlah anak didik mengalami penambahan yang cukup banyak. Melihat kondisi yang demikian akhirnya Pengurus memutuskan untuk memindahkan kembali ke lokasi MI dengan jumlah 3 ruang kelas dibawah pimpinan kepala sekolah Ibu Zubaroh.

Menyikapi hal tersebut TK yang pada waktu itu di kelola oleh Ibu Hj. Romelah berupaya keras untuk membangun gedung TK. Pada tahun 1974 cita-cita tersebut baru terealisasi, dengan jumlah 4 ruang dan taman sekolah yang memiliki luas +  530 m2 pembelajaran di Taman kanak-kanak dapat berjalan dengan lancar.

Tahun 1978 tepatnya pada tanggal 01 Februari berdasarkan Surat Keputusan Departemen Agama NO. Mk.12 / 3d / 248 / 78 Ibu Zubaroh selaku Kepala TK M Gondang pada waktu itu di pindah tugaskan di RAM Jetaklengkong, dan sebagai gantinya pengurus mengangkat Ibu Zuhroh  sebagai kepala TK M Gondang di bawah kepengurusan Ibu Hj. Faridah Afif. BA.

TK Muslimat NU Gondang didirikan oleh Muslimat Ranting Gondang, namun dalam pengelolaannya TK muslimat NU Gondang

Berada di Bawah Naungan Yayasan Gondang.

Tahun 2008 Yayasan Gondang menggunakan pengelolaan system central, pembenahan diberbagai bidang terus diupayakan termasuk dalam penataan lingkungan sekolah yang berada di bawah naungan YBWMM Gondang yang diketuai oleh Bpk. H. A. Najib Syamsudin, BA dan imbasnya sampai pada pembenahan lokal TK, sehingga kegiatan belajar mengajar dipindahkan ke gedung baru yang lokasinya dekat dengan jalan. Peningkatan mutu terus diupayakan baik sarana prasarananya maupun program kegiatannya, tahun 2010 TK Muslimat NU Gondang membuka program layanan full day school ( TKIT ).

Tahun 2016 merupakan masa purna kepala TK Muslimat NU Gondang Ibu Hj. Zuhroh, dan pada tahun 2017 pengelolaan sekolah dilimpahkan kepada Kepala Sekolah baru Ibu Siti Aisyah,S.Pd.AUD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *