Peringati Haornas, MTs Gondang dan SMP Nusantara Gondang Senam Bersama

WONOPRINGGO – Memperingati HAORNAS (Hari Olahraga Nasional) 2022, MTs Gondang dan SMP Nusantara Gondang adakan acara senam bersama yang meliputi semua sivitas akademik sekolah, Sabtu (10/09/2022).

HAORNAS jatuh pada tanggal 9 September 2022, yang mengusung tema ‘Bersama Cetak Juara’. Menaggapi hal itu, MTs Gondang dan SMP Nusantara Gondang berinisiatif untuk ikut serta meramaikan acara tersebut dengan mengadakan senam bersama di halaman sekolahan.

Acara yang harusnya dilaksanakan pada hari Jumat tersebut terpaska dilaksanaan pada hari Sabtunya, mengingat hari Jumat menjadi waktu libur MTs Gondang dan SMP Nusantara Gondang. Namun hal itu tak mengurangi semangat para siswa dan para guru untuk meramaikan Hari Olahraga Nasional tersebut.

Dilansir dari TribunNews.com, Hari Olahraga Nasional diperingati setiap tanggal 9 September melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1985. Hari Olahraga Nasional merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan olahraga. Penetapan Hari Olahraga Nasional tak lepas dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Surakarta, Jawa Tengah, pada 9-12 September 1948.

Sebelum ditetapkan hari peringatannya setiap tanggal 9 September, telah muncul usulan untuk memperingati Haornas setiap tanggal 8 September. Pada tanggal 16-17 Mei 1983, diadakan Sidang Paripurna KONI XIII di Senayan, Jakarta. Dilansir dari Kompaspedia, dalam sambutan tertulis pembukaan sidang, Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang saat itu menjabat Ketua Umum KONI Pusat mengusulkan tanggal 10 September sebagai Hari Olahraga Nasional.

Usulan tentang Hari Olahraga Nasional itu berdasarkan pada harapan untuk menempa semangat berolahraga di masyarakat serta peningkatan prestasi. Sidang tersebut memutuskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XI dilaksanakan di Jakarta mulai tanggal 8 September sekaligus ditetapkan sebagai Hari Olahraga. Pemilihan tanggal 8 September sesuai dengan informasi yang digunakan pada saat itu bahwa PON pertama di Surakarta dimulai pada 8 September 1948.

Terdapat perbedaan mengenai pembukaan PON I di Surakarta. Pada buku kenangan PON II 1951 dan PON-PON selanjutnya, disebutkan bahwa Pekan Olahraga Nasional pertama di Surakarta diselenggarakan pada 8-12 September 1948. Pada kenyataannya, tanggal 8 September 1948 adalah hari perjalanan bendera PON I yang dibawa dari Yogyakarta menuju Surakarta.

Adapun, bendera tersebut tiba di Kota Surakarta pada 9 September 1948 pukul 6.30 WIB. Selanjutnya, bendera tersebut langsung dibawa ke Stadion Sriwedari yang menjadi arena penyelenggaraan PON I. Kemudian pada pukul 9.00, Presiden Soekarno secara resmi membuka PON I. Selang 35 tahun kemudian, tepatnya pada 9 September 1983, Presiden Soeharto mencanangkan Hari Olahraga Nasional saat meresmikan purnapugar Stadion Sriwedari. Pemilihan 9 September sebagai Hari Olahraga Nasional berdasarkan pada tanggal pembukaan PON I di Surakarta, 1948. Pada 7 September 1985, melalui Keputusan Presiden Nomor 67 Tahun 1985, ditetapkan bahwa tanggal 9 September ditetapkan sebagai peringatan Hari Olahraga Nasional atau Haornas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *