Program Senin Beramal Sangat Bermanfaat Bagi Masyarakat

WONOPRINGGO – Yayasan Gondang berta’ziyah ke kediaman almarhum Bapak Catur, selain mewujudkan program senin beramal, juga sebagai bentuk perhatian terhadap karyawannya, Selasa (20/09/2022).

Bapak Catur sendiri adalah salah satu karyawan SMK Gondang, yang secara tidak langsung juga ada di bawah naungan Yayasan Gondang. Maka pantaslah jika sepeninggalnya menjadi duka tersendiri.

Rombongan ta’ziyah yang beranggotakan Osis dan Kepala Sekolah tiap unit ini berangkat dari kediaman Ketua Yayasan Gondang, H. A. Nadjib Samsuddin, dengan mengendarai dua mobil.

Setelah sampai di lokasi, rombongan disambut langsung oleh keluarga, dalam ta’ziyah tersebut Ketua Yayasan memberikan sambutannya. Ada beberapa hal yang disampaikannya.

Kematian Adalah Pengingat dan Juga Nasihat

Gemerlapnya dunia dan kerasnya persaingan hidup, sering kali membuat kita lupa akhirat dan kematian. Padahal Allah SWT telah mengingatkan kita dalam ayat-ayatnya: “Akhirat lebih baik dan lebih kekal” (Q.S. Al A’la: 17).

Setiap Bernyawa Pasti Mati

Sungguh kematian itu tidak pernah mengenal usia baik itu yang muda apalagi yang tua. Janganlah bangga umur muda, tubuh segar, wajah tampan dan cantik, kesehatan terjamin, mengira akan jauh dari kematian.

Bukankah Allah SWT telah mengingatkan kita, bahwa kematian itu akan menjemput kapan saja dan tak seorang pun mampu untuk menghalanginya. Sebagaimana firman Allah dalam Q.S Al A’raf ayat 34: “Dan setiap umat mempunyai ajal (batas waktu). Apabila ajalnya tiba, mereka tidak dapat meminta penundaan atau percepatan sesaat pun.”

Kematian Sebagai Pengingat

Rasulullah pernah bersabda: “Cukuplah kematian itu sebagai pengingat”. Artinya bahwa kematian sebenarnya sudahlah cukup menjadi nasehat agar manusia selalu ingat dan beribadah kepada Allah SWT, agar manusia selalu ingat dan beribadah pada Allah SWT, agar manusia menjauhi segala macam bentuk kemaksiatan, aparat-aparat pemerintah tidak korupsi, hakim tidak lagi menerima suap yang membuat kasus hukum tambah buram.

Dan jika seluruh manusia menjadikan mati sebagai nasehat maka dunia ini akan tenteram, damai dan sejahtera, tidak ada lagi kejahatan yang dilakukan antar sesama manusia.

Sebagai penutup beliau mengatakan bahwa Bapak Catur orang yang baik dan juga bagian dari Yayasan Gondang. Semoga almarhum ditempatkan di tempat yang tinggi di sisiNya. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *