Cari dan Perbaiki Amal, Pesan ‘Mbah Kakung’ saat Berikan Bantuan Program Senin Beramal

WONOPRINGGO – Yayasan Gondang dengan membawa tiga rombongan bersilaturrakhim di kediaman Bapak Castro, hal ini sebagai bentuk bela sungkawa atas meninggalkannya ayah beliau dan juga sekaligus menjalankan program senin beramal, Selasa (05/10/2022).

H. A. Nadjib Samsuddin menuturkan dalam sambutannya yang mewakili Yayasan, bahwa keluarga besar Gondang merupakan satu kesatuan yang jika salah satu anggotanya mengalami duka, anggota lainnya juga akan merasakan duka yang sama.

Beliau juga berpesan bahwa semua yang ada di dunia ini pasti akan mengalami batas waktu yang telah ditentukan Allah swt. Maka selayaknya harus menyiapkan bekal untuk menemuiNya.

“Seringkali manusia hanya fokus membenahi sesuatu yang bersifat lahiriyah saja”, kata beliau menambakan. Lazimnya manusia sangat memberi perhatian dan mengawasi kesehatan fisiknya. Pengawasan dibuat dengan seribu satu macam cara. Apabila mengalami sakit atau gangguan, biasanya tanpa lengah lagi manusia akan segera menemui dokter. Andainya tidak ada perubahan para perawatan biasa, maka mereka akan berpindah dari satu spesialis bahkan hingga pengobatan non medis, asalkan penyakit fisiknya sembuh.

Anehnya, tidak demikian sikap manusia dalam menghadapi penyakit hati atau ruhani. Sama ada manusia mengambil sikap terus tidak peduli langsung atau memandang remeh terhadap persoalan hati atau ruh. Padahal kesan dan akibat daripada penyakit hati atau ruh bukan saja memantik berbagai kejahatan dan kemaksiatan, bahkan akan merambat hingga penyakit fisik.

“Maka mari sama-sama kita mencari dan memperbaiki amal, tidak hanya yang bersifat fisik, namun juga yang bersifat ruhaniah juga”, pungkas beliau yang sering dipanggil Mbah Kakung oleh anak-anak TK & RA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *