SMK Gondang Undang Guru Tamu Industri, Selaraskan Kurikulum dan Sarana Berbagi Pengalaman

WONOPRINGGO – SMK Gondang mengundang guru tamu industri (GTI) selain penyelarasan kurikulum, juga sebagai sarana berbagi pengalaman kepada siswa, guru, manajemen maupun pemangku kepentingan, Ahad (23/10/2022).

Pada dasarnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berorientasi mempersiapkan siswanya untuk terjun langsung ke dunia kerja. Siswa dibekali segala keterampilan agar mudah menyesuaikan diri ketika sudah lulus.

Selain segala keterampilan yang dibutuhkan, siswa juga perlu memahami bagaimana budaya kerja dan juga suasana yang tentunya berbeda dengan masa-masa sekolah. Sehingga, siswa bukan hanya dibekali keterampilan saja namun juga mentalitas seorang yang siap bekerja.

Program guru tamu merupakan kebijakan sekolah sekaligus program kurikulum SMK. Program ini sebagai pembaharuan kurikulum lama yang disesuaikan dengan kondisi terkini yang dibutuhkan para siswa sebelum memasuki dunia kerja.

Untuk itu pihak SMK Gondang telah mendatangkan seorang guru tamu dari PT Nasmoco. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami budaya kerja di industri yang realistis di lapangan atau industri.

Pada saat kunjungan, guru tamu melaksanakan pembelajaran biasa di kelas. Kurikulum yang digunakan juga tersinkronisasi dengan keadaan di industri terkini.

Kegiatan ini berupa pembelajaran yang melibatkan guru dari dunia usaha dan dunia industri untuk mengajar dan pembelajarannya, menyesuaikan kegiatan yang realistis di dunia usaha dunia industri saat ini.

Wakil Kepala Sekolah Hunasbin & BKK, Castro, S.Pd. juga sangat mendukung dan berharap kegiatan seperti ini sering diadakan untuk menambah wawasan siswa mengenai industri. Karena memang siswa lulusan SMK disiapkan untuk masuk ke dunia kerja.

Outputnya adalah siswa dapat memahami budaya kerja di industri. Karena pada dasarnya budaya kerja di sekolah dengan industri sangat berbeda, dan hal tersebut dapat berpengaruh pada mentalitas siswa jika tidak adanya pembekalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *