SDIT Gondang Raih Prestasi dalam Acara ‘Festival Tunas Bahasa Ibu 2022’

WONOPRINGGO – SDIT Gondang raih prestasi dalam acara ‘Festival Tunas Bahasa Ibu 2022’ tingkat Kecamatan Wonopringgo, Sabtu (29/10/2022).

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) sebagai upaya menggencarkan revitalisasi bahasa daerah yang menyasar generasi muda.

Festival ini merupakan media apresiasi kepada para peserta program revitalisasi bahasa daerah yang dilakukan secara berjenjang mulai dari sekolah atau komunitas belajar di tingkat kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi.

Dalam pelaksanaannya, festival ini melibatkan partisipasi guru pendamping, pegiat bahasa daerah, dan pemerintah daerah. Selain itu, FTBI dilaksanakan sebagai upaya mewujudkan toleransi kebinekaan di Indonesia. Kebinekaan adalah kekayaan terpenting yang dipunyai oleh bangsa Indonesia.

Ada tiga macam kompetisi dan acara yang bisa diikuti generasi muda dalam FTBI Kecamatan Wonopringgo, yaitu membaca geguritan, menulis aksara jawa dan mendongeng.

Pada kesempatan ini, SDIT Gondang membawa pulang trofi juara 3 cabang lomba mendongeng putra. Hal tersebut patut diapresiasi, mengingat persaingan yang sangat ketat ditingkat Kecamatan Wonopringgo sendiri.

Semoga prestasi ini bisa menjadi pemicu semangat untuk siswa yang lainnya, agar dikesempatan lain bisa baik dari sebelum-sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *