Pasbara SMK Gondang Resmi Dilantik

WONOPRINGGO – Esktrakurikuler PASBARA (Pasukan Baris Berbaris dan Pengibar Bendera) SMK Gondang mengadakan pelantikan kepada anggota baru ekstrakurikuler tersebut pada Jum’at, (18/11/2022)

Kegiatan ini bertujuan untuk melantik anggota baru PASBARA yang nantinya akan menjadi pengurus ekstrakulikuler periode 2022/2023.

Rangkaian acara dimulai pada hari kamis siang dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh anggota PASBARA maupun calon anggota serta beberapa pembina. Simbolisasi pembukaan dengan melalui penyematan tanda peserta oleh perwakilan waka kesiswaan Prima Panji Nugrogo, S. Pd.

Selanjutnya dilanjutkan dengan permainan gobak sodor, dimana Selain dapat menjadi hiburan bersama, permainan tradisional ini juga memiliki banyak manfaat baik psikis maupun fisik. Berikut adalah manfaat yang bisa didapatkan:

a. Melatih pergerakan secara aktif

Saat bermain permainan tradisional ini, anak dituntut untuk melakukan pergerakan aktif yang membuatnya terhindar dari resiko berbagai penyakit seperti obesitas. Ketika siswa bergerak secara aktif, kelincahan pergerakan tersebut juga akan terasah. Sehingga, siswa akan menjadi semakin sehat dan lincah.

b. Mengasah kecerdasan

Selain melatih pergerakan, permainan ini juga membuat kecerdasan semakin terasah. Hal ini dikarenakan siswa harus cepat berpikir dan juga bertindak adil dalam melakukan permainan tersebut.

c. Menjaga kekompakan dan komunikasi kelompok

Agar kemenangan dapat tercapai, maka siswa harus berkomunikasi kepada sekelompoknya dengan tepat dan cepat. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kekompakan dan juga komunikasi pada kelompok.

d. Melatih agar siswa tidak putus asa

Gampang putus asa itu bukan manfaat permainan gobak sodor. Sebaliknya, siswa akan menjadi tidak gampang menyerah karena rintangan yang beragam dan rasa untuk ingin mencapai kemenangan.

e. Meminimalkan penggunaan gadget

Permainan ini dimainkan secara berkelompok dan membutuhkan aktivitas fisik. Oleh karena itu, siswa tidak akan sempat bermain gadget dan tidak akan menimbulkan ketergantungan pada gadget.

Setelah permainan gobak sodor, dilanjutkan dengan istirahat dan bersih-bersih. Pada malam harinya acara diisi dengan sholat, makan malam dan materi dari komandan wilayah Kecamatan Wonopringgo tentang baris berbaris.

Setelah mengikuti kegiatan pelantikan anggota baru PASBARA, diharapkan para peserta dapat lebih termotivasi dan bertanggung jawab menjadi anggota. Nantinya para peserta ini akan meneruskan tongkat estafet kepengurusan ekstrakulikuer paskibra untuk periode mendatang.

Acara ini berjalan sesuai dengan lancar dan diakhiri dengan penyematan badge PASBARA kepada peserta secara simbolis sebagai tanda bahwa mereka telah resmi menjadi anggota baru ekstrakulikuler PASBARA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *