Penilaian Prestasi Kerja Kepala Sekolah SMK Gondang

WONOPRINGGO – SMK Gondang mendapatkan kemajuan dalam PPKKS (Penilaian Prestasi Kinerja Kepala Sekolah) yang diselenggarakan pada Rabu (22/11/2022) di ruang pertemuan sekolah.

Kepala sekolah sebagai orang nomor satu di sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan tanggung jawab yang begitu besar dalam menentukan kualitas suatu sekolah. Untuk melihat kualitas suatu sekolah tentu tidak lepas dari kinerja kepala sekolahnya.

Kinerja kepala sekolah adalah hasil kerja yang dicapai kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi, dan tanggung jawabnya dalam mengelola sekolah yang dipimpinnya. Itulah yang melatarbelakangi adanya agenda tahunan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah yaitu PPKKS (Penilaian Prestasi Kinerja Kepala Sekolah).

Penilaian prestasi kinerja kepala sekolah merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas pekerjaan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai kepala sekolah. Tugas pokok kepala sekolah adalah melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah yang dipimpinnya. Hasil penilaian kinerja kepala sekolah bermanfaat bagi Kepala Dinas Pendidikan dalam menentukan promosi, penghargaan, mutasi, dan pembinaan lebih lanjut.

Salah satu perwakilan dari tim PPKKS, Agus Nowo Edi, S.Pd. M, Pd., menuturkan jika banyak sekolah yang dulunya dianggap tertinggal dan tak termenjemen dengan baik, sekarang malah menjadi sekolah yang banyak diminati masyarakat.

Ada beberapa faktor mengapa hal itu bisa terjadi, salah satunya adalah faktor pendidik atau guru yang bertugas disekolah tersebut. Ketika diamati, para pendidik tersebut menjadikan diri mereka sebagai teman, sahabat dan juga pelayan bagi siswanya. Sehingga siswa yang berangkat sekolah bisa dipastikan akan bersemangat ketika mengahadapi pelajaran maupun lingkungan sekolahnya.

Tidak dipungkiri, bahwa masih banyak juga pendidik yang belum sepenuhnya mengabdikan dirinya untuk karirnya. Ada yang masih setengah-setengah terjun dalam dunia pendidikan. Maka dampak yang dirasakan adalah ke siswanya.

Adapun tujuan PPKKS sendiri meliputi

  1. Memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi/pengawasan pada sekolah yang dipimpinnya.
  2. Memperoleh data hasil pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya sebagai peminpin sekolah.
  3. Menentukan kualitas kerja kepala sekolah sebagai dasar dalam promosi dan penghargaan yang diberikan kepadanya.
  4. Menentukan program peningkatan kemampuan profesional kepala seko-lah dalam konteks peningkatan mutu pendidikan pada sekolah yang dipimpinnya.
  5. Menentukan program umpan balik bagi peningkatan dan pengembangan diri dan karyanya dalam konteks pengembangan karir dan profesinya.

Hasil penilaian kinerja akan bermanfaat bagi kepala dinas pendidikan dalam menentukan promosi, penghargaan, mutasi dan pembinaan lebih lanjut. Sedangkan bagi pengawas sekolah sendiri hasil penilaian kinerja kepala sekolah dapat dijadikan dasar dalam menyusun program pengawasan khususnya dalam membina kemampuan profesional kepala sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *