Dibarengi Ziarah, Yayasan Gondang Berikan Bantuan Program ‘Senin Beramal’

WONOPRINGGO – Yayasan Gondang berikan bantuan dana dari program senin beramal yang disalurkan saat kegiatan Khaul mbah KH. Anwar bin KH. Soleh Kwagean Wonopringgo ke keluarga dan berdo’a di makam beliau, Selasa (06/12/2022).

Acara dimulai dengan mendatangi kediaman beliau untuk menyerahkan dana serta silaturrakhim kepada keturunannya, serta dilanjutkan dengan ziarah ke makam beliau.

Perlu diketahui juga bahwa Kiai adalah tokoh sentral di pesantren. Jadi bisa dikatakan, tidak ada pesantren tanpa Kiai. Oleh karena itu, hidup dan matinya pesantren sangat bergantung pada kepribadian kiai yang merupakan pendiri dan pemimpin pesantren.

KH. Anwar sendiri adalah sosok yang karismatik. Karismanya digambarkan oleh Umar Faruk, cucu KH. Anwar. “Mbah Anwar kwi terkenal tawadlu, tasawuf, berani karena kebenaran. Terus areng wong cilik kwi apik, ora sombong. Sing jelas Mbah Anwar kwi terkenal Thoriqot”.

Karisma beliau diakui oleh masyarakat, karena beliau termasuk orang pertama yang memperjelas Tarikat di Pekalongan. Bahkan KH. R. Syarif yang dikenal sebagai ahli tarikat adalah seorang santri KH. Anwar. Selain itu ada juga KH. Khudlori Tabri Simbangkulon dan KH. Romli serta tak ketinggalan KH. Syamsuddin Gondang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *