Penuh Kebersamaan, Pelantikan Pecinta Alam dan Pramuka SMK Gondang

WONOPRINGGO – Pramuka dan Pecinta Alam (PA) SMK Gondang gelar pelantikan anggota dengan Longmarch dari titik start Tugu Monumen Perjuangan Lebak Barang, Pasanggrahan, Lebakbarang, Kec. Lebakbarang, hingga titik finish SMK Gondang, Kec. Wonopringgo, Jum’at (09/12/2022)

Kegiatan Longmarch dan Pelantikan Calon Penegak Bantara serta Pecinta Alam tahun ini diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari 11 peserta pramuka dan 9 peserta pecinta alam, namun dalam perjalanannya ada tambahan 2 panitia dan 1 pembina yang mengikuti jalannya Longmarch.

Kegiatan diawali dengan menempuh perjalanan dari SMK Gondang menuju titik kumpul di Tugu Monumen Perjuangan Lebak Barang dengan menaiki truk yang menghabiskan waktu perjalanan setengah jam.

Sesampainya dititik start, peserta menjalani apel dan persiapan-persiapan lainnya sebelum memulai perjalanan dan juga doa bersama. Tepat pukul 10.00 WIB peserta memulai perjalanan menuju SMK Gondang.

Dalam perjalanan Longmarch Peserta wajib menjalani 6 POS keterampilan Pramuka yang terdiri dari PBB, Semaphore, Morse, Pionering, dan Pengetahuan seputar kepramukaan. Setiap melewati batas desa, peserta pramuka wajib meminta tanda tangan dari kantor kepala desa, polsek maupun koramil. Peserta kegiatan Longmarch menyelesaikan perjalanan dan kembali ke pangkalan pada pukul 22.00 WIB WIB dengan lancar dan selamat, dengan kata lain total waktu perjalanan dari titik start hingga finish menghabiskan 12 jam perjalanan.

Tepat pukul 2 pagi peserta dibangunkan untuk menjalani adat pramuka dan pecinta alam hingga pukul 3, setelah sebelumnya mengistirahat diri dan mengisi stamina. Pada pagi harinya, peserta pramuka belanja ke pasar untuk dijadikan sarapan, hal itu menjadi penilaian TKK (Tanda Kecakapan Khusus Pramuka), adapun pecinta alam menjalani pagi dengan senam bersama.

Penutupan berjalan secara terpisah, PA dilakukan pada jam 10 pagi dengan menyematkan slayer dan Pramuka pada pukul 1 siang setelah sholat Jum’at dengan penempelan dek laksana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *