Seleksi Program Magang Jepang SMK Gondang

WONOPRINGGO – Para peserta seleksi program magang Jepang di SMK Gondang pada gelombang pertama menjalani tes tertulis matematika, fisik, dan ketajaman mata, Sabtu pagi (28/01/2023).

Kepala SMK Gondang Wonopringgo mengatakan, program yang diadakan melalui kerja sama dengan PT Yasui Abadi Purbalingga ini mampu meningkatkan skill dalam bekerja peserta magang.

Para peserta akan diberangkatkan di negara maju Jepang, bukan sebagai TKI, melainkan untuk mengikuti program magang.

Melalui program itu, mereka diharapkan bisa menyerap teknologi, pengetahuan, budaya disiplin, dan semangat kerja orang Jepang yang selanjurnya bisa ditransfer dan diterapkan di Indonesia nantinya.

Program magang ke Jepang ini dinilainya bermanfaat untuk membentuk character building, attitude (sikap), mental yang baik, serta jiwa pantang menyerah.

“Berangkat ke Jepang adalah untuk mengubah nasib agar lebih baik. Saya harap mereka bisa menjadi pahlawan bagi keluarga” kata Arif Hermawan.

Para peserta magang akan menjalani program magang selama 3-5 tahun di perusahaan-perusahaan di Jepang dengan standar gaji cukup tinggi dan fasilitas-fasilitas yang memadai.

Mereka akan mendapatkan beragam fasilitas mulai tempat tinggal, kesehatan, hingga makan dan minum. Mereka akan memeroleh gaji dengan standar rata-rata 10 juta rupiah per bulan.

Perwakilan PT Yasui Abadi mengatakan, saat pelatihan para peserta akan diajarkan bahasa, sikap dan budaya Jepang. Mereka juga akan diberi pembinaan sikap dan mental agar siap dan mudah beradaptasi saat berada di Jepang.

‘Pelatihan meliputi etika dan budaya Jepang, kedisiplinan, serta pembinaan sikap dan mental,” kata PT Yasui Abadi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *