Yayasan Gondang

  • Perbesar ukuran huruf
  • Ukuran huruf bawaan asli
  • Perkecil ukuran huruf
Banner
Home Beranda Tingkatkan Kualitas Pendidikan Islam

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Islam

Surel Cetak PDF

Full Day School dan Boarding School

Kurikulum dengan model pembelajaran yang semula reguler ditambah dengan Full Day School dan Boarding School, dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam di masyarakat.

Demikian dikatakan Ketua Bidang Pendidikan Yayasan Gondang, Drs H Nabhan Syamsudin, saat ditemui Radar. "Program Ful Day School ini diterapkan di pendidikan TK, SDIT, MI dan MTs. Sedangkan program Boarding School diterapkan di MTs," lanjutnya.

Dijelaskan, Full Day School yaitu sekolah yang kegiatan belajar mengajar dari pukul 07.00-16.00 WIB. Sedangkan Boarding School merupakan sekolah di asramakan atau di pondokkan dengan pentauan 24 jam.

Dengan program Full Day School dan Boarding School secara otomatis kurikulum pembelajaran bertambah. Kurikulum yang digunakan perpaduan antara kurikulum Dinas Pendidikan, Kementrian Agama dan kurikulum Yayasan yang disesuaikan dengan jenjang tingkatan.

 

"Mengembanagan kurikulum untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Yayasan juga menerapkan perubahan sistem manajemen pendidikan dengan profesional, seperti halnya sistem manajemen industri," jelasnya.

Diuraikan, sistem pendidikan Madrasah di masa yang akan datang, diharapkan merupakan suatu industri. Dalam arti bahwa pendidikan memerlukan pengelolaan yang profesional. Agar rate of return dari industri pendidikan itu sama atau lebih baik dari investasi dalam sektor ekonomi lainnya.

Pendidikan di Yayasan Gondang menggunakan Sistem Manajemen Pendidikan secara profesional seperti halnya sistem manajamen industri. Pola pendidikan lama diubah total oleh Yayasan. Maka setiap bulan mengadakan evaluasi rutin, kepada unit Sekolah/ Madrasah. Dan setiap bulan Yayasan turun ke Sekolah/ Madrasah untuk mengadakan pembinaan kepada para pendidik masing-masing unit. "Pendidik dipacu untuk lebih disiplin dalam melakukan tugas dan kewajiban," ucapnya.

Menunjang sistem pada Yayasan Gondang dengan pola sentral, maka menggunakan program Jaringan Infirmasi Antar Sekolah (Jibas). Jibas merupakan sistem informasi manajemen sekolah yang membantu operasional sekolah dari akademik, keuangan, perpustakaan, pelaporan, dan interaksi antar pendidik dan peserta didik.

Program Jibas membawa perubahan positif bagi pendidikan dan meningkatkan daya saing. Serta menciptakan kompetensi, meningkatkan pelayanan, memperluas kapabilitas, membangun lingkungan belajar ideal dan meneguhkan budaya kerja. "Dengan Program Jibas agar Pendidikan Gondang mampu malakukan pendidikan lebih maju, canggih dan profittable bagi Sekolah/Madrasah," pungkasnya. ( WASIS, Rdr)

Terakhir Diperbaharui pada Minggu, 22 April 2012 15:17  

Ketua Yayasan

Sekapur Sirih

Sekapur Sirih

                  Terimalah bahwa engkau tak mungkin sepenuhnya benar,seperti juga mereka tidak seluruhnya salah. Itulah adil....   Terimalah bahwa yang ada padamu adalah yang terbaik,yang harus kau lebihkan upayauntuk membaikkannya. Itulah bersyukur. Terimalah bahwa jika yang... Read more

Pengunjung Online

Kami punya 25 tamu online