Santri Ponpes Modern Gondang Ziarah ke Makam Pendiri Yayasan Gondang

Santri Pondok Pesantren Modern Gondang melaksanakan kegiatan ziarah ke makam pendiri Yayasan Gondang. Kegiatan yang penuh makna ini bertujuan untuk mengenang dan mendoakan para pendiri yayasan yang telah berjasa besar dalam membangun dan mengembangkan lembaga pendidikan tersebut.

Kegiatan ziarah dimulai pada pukul 16.00 WIB dengan seluruh santri berkumpul di halaman pondok pesantren. Para santri kemudian berjalan bersama-sama menuju makam pendiri Yayasan Gondang yang berlokasi tidak jauh dari area pondok pesantren. Di makam, mereka melakukan pembacaan Yasin dan Tahlil dipimpin oleh para ustadz.

KH. A. Nadjib Syamsuddin, Ketua Umum Yayasan Gondang, menyampaikan pentingnya mengenang jasa para pendiri. “Ziarah ini adalah bentuk penghormatan dan rasa syukur kita kepada para pendiri Yayasan Gondang yang telah berjuang mendirikan dan mengembangkan lembaga ini. Melalui doa dan ziarah ini, kita memohonkan ampunan dan rahmat Allah SWT bagi mereka. Selain itu, ini juga menjadi pengingat bagi kita semua untuk terus melanjutkan perjuangan mereka dalam mendidik dan mencetak generasi yang berakhlak mulia,” ujarnya.

Para santri dengan khidmat mengikuti rangkaian doa dan dzikir yang dipandu oleh para ustadz. Mereka mendoakan agar para pendiri yayasan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT serta berharap agar semangat dan visi para pendiri terus menjadi inspirasi dalam setiap langkah mereka menuntut ilmu dan beramal.

Usai pembacaan Yasin dan Tahlil, kegiatan dilanjutkan dengan tausiyah singkat dari salah satu pengasuh pondok pesantren. Dalam tausiyahnya, beliau mengingatkan para santri tentang pentingnya meneladani semangat perjuangan para pendiri yayasan. “Sebagai santri, kita harus meneladani semangat perjuangan para pendiri. Mereka mendirikan yayasan ini dengan penuh keikhlasan dan perjuangan. Kita harus melanjutkan cita-cita mereka dengan belajar sungguh-sungguh dan berakhlak mulia,” katanya.

Dengan berlangsungnya kegiatan ziarah ini, diharapkan para santri Pondok Pesantren Modern Gondang dapat mengambil hikmah dan pelajaran berharga dari perjuangan para pendiri yayasan. Mereka diharapkan dapat meneladani semangat dan dedikasi para pendiri dalam menuntut ilmu dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

Semoga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan setiap tahun dan menjadi tradisi yang membawa keberkahan bagi seluruh keluarga besar Yayasan Gondang. Melalui kegiatan ini, semangat perjuangan dan visi para pendiri yayasan akan terus hidup dan menginspirasi generasi-generasi berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *