SMK Gondang Hadirkan Teaching Factory Bank Mini Bersama Bank Syariah Indonesia

SMK Gondang terus menunjukkan komitmennya dalam mempersiapkan siswa-siswinya untuk terjun langsung ke dunia industri melalui program Teaching Factory (TEFA). Salah satu inovasi terbaru adalah pendirian Bank Mini yang bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI). Teaching Factory ini diharapkan dapat memberikan pengalaman praktis yang berharga bagi para siswa, khususnya yang mengambil jurusan Akuntansi.

Program Bank Mini di SMK Gondang tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis para siswa dalam bidang perbankan, tetapi juga untuk memperkenalkan mereka pada prinsip-prinsip perbankan syariah yang saat ini semakin diminati masyarakat. Dengan adanya Bank Mini ini, siswa dapat merasakan langsung suasana kerja di lingkungan perbankan, memahami operasional sehari-hari, serta mempraktikkan teori yang telah dipelajari di kelas.

Kepala SMK Gondang, Bapak Arif Hermawan, menyampaikan, “Pendirian Bank Mini ini merupakan salah satu langkah strategis kami dalam mendekatkan dunia pendidikan dengan dunia industri. Kami sangat bangga dapat bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia yang memiliki reputasi baik dan pengalaman yang luas dalam perbankan syariah. Semoga dengan adanya Bank Mini ini, siswa-siswi kami dapat belajar lebih banyak dan siap menghadapi tantangan di dunia kerja nanti.”

Bank Mini ini dikelola langsung oleh siswa dengan bimbingan guru-guru yang berpengalaman serta didukung oleh tim dari Bank Syariah Indonesia. Para siswa yang terlibat akan mempelajari berbagai aspek operasional bank, mulai dari pelayanan nasabah, pembukuan, hingga manajemen risiko. Mereka juga akan diajarkan mengenai produk-produk perbankan syariah seperti tabungan, pembiayaan, dan investasi syariah.

Kerjasama ini tidak hanya terbatas pada operasional Bank Mini, tetapi juga mencakup berbagai kegiatan edukatif lainnya seperti seminar, workshop, dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Bank Syariah Indonesia. Dengan demikian, para siswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan keterampilan praktis, tetapi juga pemahaman yang lebih mendalam mengenai perbankan syariah dan peluang karier di sektor ini.

Salah satu siswa yang terlibat dalam program Bank Mini, Rizka Amalia, menyatakan antusiasmenya, “Saya sangat senang bisa belajar langsung di Bank Mini ini. Selain menambah wawasan, saya juga merasa lebih siap untuk bekerja di sektor perbankan setelah lulus nanti. Terima kasih kepada SMK Gondang dan Bank Syariah Indonesia yang telah memberikan kesempatan ini kepada kami.”

Program Teaching Factory Bank Mini di SMK Gondang ini diharapkan dapat menjadi model bagi sekolah-sekolah lain dalam mengembangkan program pendidikan yang mengintegrasikan teori dan praktik. Dengan adanya fasilitas seperti Bank Mini, siswa dapat lebih mudah memahami materi pelajaran dan siap bersaing di dunia kerja.

SMK Gondang berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan menambah fasilitas yang mendukung proses pembelajaran. Kerjasama dengan Bank Syariah Indonesia merupakan salah satu langkah nyata dalam mewujudkan visi tersebut, dan diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi siswa, sekolah, dan masyarakat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *